Kapolres Rejang Lebong Cek Kesiapan Mobil DUKOM CORE ORARI dalam Apel Siaga Operasi Lilin Nala 2023

Kapolres Rejang Lebong menyempatkan diri menginspeksi kendaran dan peralatan dalam kegiatan Apel Siaga Operasi Lilin Nala 2023 Polres Rejang Lebong pada Kamis 21 Desember 2023. Apel Siaga melibatkan personil Polri, TNI, Brimob, Dinkes, PSC, ORARI, Senkom, RAPI, Pramuka, Dishub, BPBD, TAGANA dan ormas lainnya.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Juda Trisno Tampubolon, S.H, S.IK, M.H mengecek Mobil DUKOM ORARI Rejang Lebong.

ORARI Lokal Rejang Lebong menerjunkan 10 personil CORE (Communication Rescue) dibawah Club Station dengan Callsign YH4MC. Pada giat pengamanan Nataru 2023 ini juga ORARI Rejang Lebong menggunakan Mobil DUKOM CORE yang dilengkapi dengan peralatan radio komunikasi baik VHF, HF maupun antenna komunikasi satelit LAPAN A2-ORARI

.

Personil ORARI Rejang Lebong Foto Bersama Kasat Lantas IPTU Melisa, S.Tr.K., S.IK.

AKBP Juda Trisno Tampubolon saat menginspeksi kendaraan berkesempatan mengecek kesiagaan kendaraan DUKOM CORE ORARI yang antara lain mengecek radio dan kesiapan personil. “Silahkan, anggota ORARI nanti di Posyan mana saja nyamannya untuk bergabung atau melakukan giat keliling ke Pospam yang didirikan untuk Nataru 2023”, pungkas Kapolres dihadapan personil ORARI.

Apel Siaga kali ini juga dihadiri unsur dari Pemerintah Daerah Rejang Lebong, Kejaksaan Negeri dan instansi terkait lainnya. ORARI Rejang Lebong dalam hal ini melaksanakan kegiatan DUKOM (Dukungan Komunikasi) dengan menyiapkan 10 personil CORE (Communication Rescue), dengan dukungan 1 unit mobil DUKOM yang dilengkapi dengan peralatan komunikasi VHF dan HF. Sedangkan 10 personil dilapangan juga dilengkapi dengan kendaraan baik R4 maupun R2 yang dilengkapi dengan mobile station yang siaga di frekuensi VHF 145.100 MHz144.020 MHz yang siap membantu komunikasi dalam kegiatan pengamanan Nataru 2023 ini.

Personil ORARI Rejang Lebong mendapat arahan dari Kasat Binmas AKP Jumipan Azhari, SH. MM

Selain DUKOM ditingkat lokal, ORARI Rejang Lebong dengan Club Station YH4MC juga siaga pada frekuensi HF 7.110 MHz secara nasional melalui ORARI PUSAT, Basarnas dan BNPB. Dalam keadaan darurat YH4MC juga menggunakan komunikasi satelit melalui satelit LAPAN A2-ORARI.

Anggota ORARI Lokal Rejang Lebong yang hadir dalam Apel Siaga antara lain YC4RWH, YC4PNB, YD4MGI, YD4MFX, YD4MNT, YD4MGE, YD4MGJ dan YD4MTZ. Giat Pengamanan Nataru sendiri antara lain membantu mengamankan dan dukungan komunikasi ibadah Natal 2023 di beberapa Gereja serta perayaan Tahun Baru 2024, operasi dilaksanakan mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024. (4rwh)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *